JOB FAIR KABUPATEN BANDUNG 2018

GILANG PARLUATAN 27 November 2018 09:41:48 Berita Desa

DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bandung akan menggelar bursa tenaga kerja (job fair) pada Desember 2018 mendatang. Job fair tersebut merupakan agenda tahunan, untuk memfasilitasi para pencari kerja dengan berbagai perusahaan yang membutuhkan calon pekerja.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Bandung, Rukmana mengatakan, job fair 2018 digelar pada 12 Desember mendatang. Acara tersebut akan dipusatkan di Dome Bale Rame Sabilulungan, Soreang, Kab. Bandung.

"Akan ada ribuan lowongan pekerjaan. Saat ini, Disnakertrans Kabupaten Bandung masih melakukan pendekatan kepada perusahaan yang memungkinkan bisa berpartisipasi dalam job fair nanti," ujar Rukmana saat ditemui di kantornya, Soreang, Kamis (22/11/2018).

Sejauh ini, kata Rukmana, dari hasil pendekatan yang dilakukan pihaknya, sudah ada 17 perusahaan yang menyatakan kesiapannya. Namun, berkaca dari job fair tahun lalu, ada sebanyak 50 perusahaan yang terlibat.

Dirinya melanjutkan, pada job fair taun lalu lowongan pekerjaan yang tersedia mencapai 6.100 lowongan pekerjaan di berbagai perusahaan. Lebih dari 15.000 warga Kabupaten Bandung mendatangi job fair tahun lalu. Namun, dari 6.100 lowongan yang tersedia, kurang dari setengahnya terserap.

"Tahun lalu yang tererap hanya 2.700 pekerja, hal tersebut dikarenakan skil yang dimiliki oleh calon pekerja tidak sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan industri," katanya.

Rukmana mencontohkan, lowongan pekerjaan untuk industri garmen mengharuskan pelamar mempunyai skil menjahit. Sehingga, ia pun mengimbau kepada para calon pencari kerja untuk mempersiapkan diri sebelum melamar.

"Memang pelamar mempunyai skil menjahit, tapi yang dikuasai itu mesin biasa, sementara garmen membutuhkan pekerja yang mempunyai skil jahit mesin besar," ujarnya.

Ia mengatakan, di Kabupaten Bandung banyak terdapat industri garmen, sehingga masyarakat harus mempersiapkan diri dengan cara kursus menjahit yang sesuai dengan kebutuhan garmen. "Kalau mempunyai skil sesuai kebutuhan industri di sekitar, mencari pekerjaan akan lebih mudah," katanya.

Disnakertrans Kabupaten Bandung, tambah Rukmana, selalu siap memberikan konsultasi pada masyarakat terkait skil yang diminati oleh perusahaaan. "Seperti saat membuat kartu kuning, kami selalu menyediakan waktu untuk pencari pekerjaan berkonsultasi. Salah satunya mengarahkan pencari kerja ke perushaan tertentu, yang memang sesuai skil yang dimilikinya," ungkapnya.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Sinergi Program

Wilayah Desa

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Raya Panundaan No 593
Desa Panundaan
Kecamatan Ciwidey
Kabupaten Bandung
Kodepos 40973
Telepon 0225920123
Email panundaanpemdes@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung