KAMPUNG SIAGA BENCANA (KSB) DESA PANUNDAAN

GILANG PARLUATAN 19 Desember 2018 11:59:05 Berita Desa

Assalamu’alaikum wr, wb.

Sampurasun.. siapa kita?. ..Ksb?... Panundan?... Are u ready?... Semanagt pagi?...

Hadirin yang berbahagia, KSB panundaan berdiri pada th 2012 yang secara aktif dan sangat strategis sering memberikan penyuluhan, baik kegiatan2 untuk pengurangan resiko bencana, yg mana sampai saat ini kita masih eksis, untuk selalu memberikan kontribusi buat warga masyarakat. Bukan hanya bergerak di bidang kebencanan saja, melainkan bentuk bantuan2 tenaga, fikiran demi untuk keberlangsungan hidup hajat warga masyarakat secara umum, yang mana salah satunya adalah melakukan kegiatan penyuluhan terhadap warga karang taruna, sekolah2, 5 sekolah yg ada di desa panundaan, 4  sekolah dasar, 1 smp.

Seluruh warga ksb turut berperan aktif bersama memberikan penyuluhan kepada anak sekolah, kegiatan berikutnya penyuluhan2 kepada ibu2 pengajian, bapak2 hingga pengajian2 rutinan dalam rangka memberikan pemahaman2 disiplin ilmu, pasca dan pra bencana yg terjadi.

Ksb panundaan berperan aktif bergerak membantu bencana terutama yg ada di wilayah sekitar desa panundaan, korban banjir, kebakaran, longsor dan pencegahan deteksi dini, hingga kegiatan2 aktif lainnya yang terlibat dengan anggota masyarakat.

ksb panundaan juga berperan aktif berkoordinasi dengan Dinas terkait, terutama degan Dinas kabupaten, di bawah bimbingan Tagana kabupaten Bandung, untuk turut membantu dalam kegiatan pengurangan resiko bencana dan pelaksanaan evakuasi yang sesuai dgn SOP (standar oprasional prosedur) dimana warga ksb sudah terbentuk dan terbagi kepada kelompok2 koordinator masing2 dengan penyesuaian2 yang sesuai dgn sop itu sendiri, yang antara lain, Rescue, Logistic, Du, Selter, Tim Posko dll.

Selain dari pada itu ksb panundaan sering di libatkan dalam kegiatan berkoordinasi dengan lembaga, ormas maupun LSM yangg lain, yang membantu peranan tugas pokok dan fungsi kemasyarakatan yang ada di wilayah Kecamatan Ciwidey mapun kabupaten Bandung.

Ksb panundaan hingga saat ini sering dan kerap kali terlibat secara aktif bersentuhan dengan kegiatan yg berbasis masyarakat yg mana sangat cukup berat  sinergitas yg terbangun, antara ksb panundaan bersama pemerintah Desa itu sendiri.

ksb panundaan yang berbasis masyarakat ini antara lain, yang  tergabung dalam anggota ksb sekitar 120 anggota ksb, dimana didalamnya tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemangku jabatan, rw/wt dan lembaga desa, hingga Alhamdulillah kita kuat dan kokoh karena bersama.

moto kita satu. One camand ( satu komando) one rule (satu arahan), one corp (satu kesatuan), alahamdulillah sampai saa ini kegiatan demi kegiatan dalam upaya pemantapan ksb hari ke hari makin bertambah dari generasi kegenerasi berikutnya yang dulu berawal 100 anggota di th 2012 mengalami pengurangan anggota dan bertahan hingga 60 selanjutnya di th 2014 bertambah kembali mencapai 100 hingga sampai saat ini th 2018 berjumlah 150 angota.

Alhamdulillah di 150 anggota ini hampir mayoritas di isi oleh anggota yg aktif, responsip bergerak cepat dan siap dengan sukarela menjadi relawan tanpa jasa atau pamrih,

Kami ikhlas, siap tanggap dimana dan kapanpun saat bencana itu datang tanpa terduga, kami sering melakukan kegiatan pemantapan yg dibantu oleh dinas kab. Bantung dinas prov jawabarat sehingga koordinasi kami sangat begitu erat, dan perlengkapan yg sampai saat ini tersedia di lumbung social sebagai basis posko keberadaan ksb sudah aus karena sering kita pakai dan kelengkapan  untuk family kit, bantuan untuk korban2 pun sering di distribusikan, dimana pendistribusian tersebut kami salurkan kepada korban banjir, longsor, dan kebakaran hingga kepada warga masyarakat yg amat sangat membutuhkan baik warga miskin yg tidak mempunyai cukup biaya untuk mencukupi kebutuhan untuk keluarganya, dan alahmdulilah juga sampai saat ini keberadaan ksb di Desa panundaan ini sangat begitu berasa keberadaanya sangat begitu efektif dan strategis untuk memberikan kontribusi yang positif terhadap laju akselerasi pembangunan pemerintah Desa, dimana KSB turut andil dalamm membantu pembangunan Rutilahu, pembangunan pelaksanaan jalan desa, jalan gang, Pembangunan Kantor Posyandu dan pembangunan yang lainnya. sehingga kami cukup bangga dan ksb panundaan tetap menjadi organisasi idaman yang membanggakan bagi warga masyarakat desa panundaan.

Sementara itu saja yang dapat di sampaikan mudah2an ada guna dan manfaatnya.

Bravo ksb panundaan…

 victory ksb panundaan…

tetap semangat dan selalu menerapkan one command one rule and one corp.

Ksb panundaan?.............  juara !

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Sinergi Program

Wilayah Desa

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Raya Panundaan No 593
Desa Panundaan
Kecamatan Ciwidey
Kabupaten Bandung
Kodepos 40973
Telepon 0225920123
Email panundaanpemdes@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung